Resep Kopi Sederhana Ini Bisa Dibuat Sendiri di Kos

Blog Single

Menjadi seseorang yang hidup sendiri di rumah kontrakan atau kosan membuat ia harus menghemat segala jenis pengeluaran termasuk dana untuk nongkrong di kedai kopi. Apalagi untuk secangkir kopi single origin sama harganya dengan 2 bungkus nasi padang bagi mereka.

Keinginan untuk nongkrong bersama teman-teman sambil menyesap café latte tentu harus ditahan, maka dari itu, resep-resep di bawah ini memungkin kamu untuk tetap ngopi enak bahkan di kosan atau rumah kontrakan tanpa harus ngeluarin biaya mahal. Cek aja di bawah resepnya semua.

Cappuccino sederhana

Cappucino sebenarnya adalah minuman kopi murni yang biasanya dari espresso kemudian dicampur dengan susu full cream. Nah, karena judulnya adalah sederhana maka espresso ditiadakan maka diganti dengan kopi bubuk arabika tanpa melalui proses presto. Berikut yang harus kamu sediakan untuk membuat secangkir cappucino sederhana.

Bahan yang harus disiapkan :

2 sdm kopi bubuk arabika

100 ml susu UHT Full Cream

1 sdm gula putih atau gula pasir

Cara pembuatannya :

Panaskan air dengan suhu 90-96 C atau sekitar 4 menit mendidih sejak mendidih pertama kali. Karena judulnya sederhana maka seduh kopi dengan metode tubruk bila tidak punya alat penyeduh kopi. Saring ampas kopi dengan kertas saring (biasanya Chemex) atau bisa menggunakan saringan teh, tapi pasti ada sedikit ampas kopinya di hasil akhir. Tambahkan gula sesuai selera.

Susu dipanaskan dengan api kecil, aduk pelan hingga susu mencapai suhu 8 derajat, atau sebentar saja, kira-kira hangat-hangat kuku. Lalu kocok susu dengan pengocok telur selama 2 menit. Susu yang mengembang lalu tuang ke dalam cangkir kopi tadi kemudian sajikan, jadilah cappucino sederhana.

Kopi madu

Kalau biasanya kopi dicampur dengan gula sebagai pemanis, kali ini gula diganti dengan madu dan dengan tambahan whipped cream. Whipped cream di sini adalah bahan yang optional, tak harus ada namun bila ada maka ia menjadi sempurna.

Bahan yang harus disiapkan:

2 sdm kopi bubuk (terserah mau pakai robusta atau arabika apa saja)

300 ml air panas 90-96 derajat celcius.

2 sdm madu

4 sdm whipped cream

1 sdm cokelat bubuk

Cara membuat :

Campur jadi satu kopi bubuk, air, dan madu. Kemudian kocok menggunakan alat pengocok telur hingga rata lalu tuangkan ke dalam gelas. Di permukaan kopi beri whipped cream lalu taburi dengan cokelat bubuk. Siap dinikmati.

Caramel frappuccino coffee

Minuman yang kelihatannya rumit ini membuatnya ternyata bisa dibuat sendiri di rumah apalagi kosanmu. Langsung saja contek yyuk.

Bahan yang harus disiapkan:

1 sdm kopi yang dilarutkan dalam 1/2 cangkir air panas, dinginkan lalu saring, gunakan hanya airnya saja.

3 sdm gula pasir

1/2 cangkir susu full cream

2 cangkir es batu

3 sdm sirup caramel, bisa diganti dengan sirup gula

whipped cream secukupnya

Cara membuatnya :

Campurkan jadi satu gula pasir, susu, cairan kopi, dan es batu lalu blender hingga menyatu. Setelah itu tuang ke dalam gelas dan tambahkan sirup caramel dan whipped cream. Caramel frappuccino coffee bisa dinikmati langsung.

Vanilla latte

Kalau ingin begadang tapi tak mau minum kopi hitam pahit maka Vanilla latte bisa jadi pilihan tepat. Cara membuatnya juga mudah cukup ikuti instruksi di bawah ini.

Bahan yang harus disiapkan:

2 sdm kopi bubuk (disarankan robusta karena rasanya lebih fruity dibanding robusta)

1 sdm gula pasir

180 ml air panas untuk menyeduh

30 ml bubuk vanilla

120 ml susu murni atau full cream juga bisa

40 gram whipped cream

Cara pembuatan :

Seduh bubuk kopi dengan air panas terlebih dahulu. Kemudian saring dengan kertas saring, gunakan airnya saja, buang ampasnya. Kemudian beri bubuk vanilla dan aduk hingga larut sempurna. Sentuhan akhir, beri whipped cream dan taburan bubuk cokelat di atasnya.

Espresso con panna

Membuat minuman satu ini cukup ribet sebenarnya karena untuk mendapatkan rasa yang cocok kita harus menggunakan kopi Lampung. Namun bila anda ingin menggantinya dengan biji kopi lain pun tak masalah.

Bahan yang harus disiapkan:

2 sdm bubuk kopi Lampung

2 sdm whipped cream

Cara membuatnya :

Seduh bubuk kopi di atas kertas saring (biasanya kertas chemex, melitta unbleached natural, atau able disk) dengan air panas hingga setengah cangkir. Lalu berikan sentuhan akhir dengan menambahkan whipped cream di atasnya, espresso con panna ala anak kos siap dinikmati.

Mochaccino

Minuman ini cukup simpel membuatnya sesuai dengan anak kos yang segala sesuatunya tidak ingin yang ribet. Cara membuatnya sangat mudah hanya tinggal menyiapkan 3 bahan saja.

Bahan yang harus disiapkan:

2 sdm kopi apa saja sesuai selera kamu

2 sdm lelehan cokelat

3 sdm susu

Cara membuatnya:

Seduh kopi dengan air panas bersuhu 90-96 derajat Celcius. Lalu saring hingga tak menyisakan ampas. Tambahkan dengan lelehan cokelat diatas seduhan kopi yang sudah tak ada lagi ampasnya. Lalu panaskan susu di tempat terpisah hingga 80 derajat Celcius. Kocok susu dengan pengocok telur atau kalau tidak ada boleh cara praktis deh, diblender selama 2 menit, berhenti ketika sudah mengembang lalu tuang ke atas gelas. Kalau mau lebih menarik lagi bisa diberi hiasan buah ceri di atasnya.



Share this Post:

Newest Posts: